Jumat, 30 Januari 2009

Mengenal Directory


Dalam pembelajaran melalui elektronik-learning (e-learening) dengan media internet pada dasarnya ialah melakukan proses pencarian (search) yang lebih kita kenal sebagai suatu proses browsing. Perlu diketahui dalam internet terdapat banyak sekali situs yang menyediakan beragam informasi yang setiap saat selalu berkembang.
Pengertian dasar dari internet dengan menggunakan www (world wide web) kita pahami sebagai kumpulan dari beragam informasi yang terdapat dalam berbagai macam situs yang saling terhubungkan satu dengan yang lainnya, dimana informasi yang tersedia bersifat online (pengiriman dan peneriman informasi dalam satu waktu yang bersamaan), tidak dikelola secara terpusat karena jaringan internet bukanlah milik perorangan atau suatu jaringan tertentu. Oleh karena itu pengguna internet harus benar-benar mengetahui bahwa tidak ada standar pengorganisasian atau penuntun baku yang menyatakan bahwa informasi akan dipresentasikan dengan cara yang sama, dengan menggunakan kata kunci yang sama, atau diposisikan pada tempat tertentu yang sama pula untuk mencari sumber informasi melalui internet. Dengan demikian bukan menjadi jaminan informasi yang diperoleh kita pada hari ini akan sama untuk seterusnya karena pengembang situs akan selalu memperbaharui informasi dalam situsnya (updates).
Prosedur pencarian informasi dalam situs internet mengutip tulisan Dr. Hj. Hanny Kamarga M.Pd. pada awalnya dapat dilakukan melalui situs-situs layanan informasi seperti Gopher, Veronica, Wais (Wide Area Information Service) dan Archie. Sejalan dengan munculnya world wide web (www) maka situs layanan informasi tersebut perlahan ditinggalkan oleh orang. Sebagai gantinya muncul situs-situs yang mencoba untuk menghimpun dan mengorganisasi situs-situs di internet yang lebih kita kenal dengan istilah directory dan search engine.
Directory atau yang lebih akrab kita kenal sebagai portal merupakan sekumpulan situs informasi yang diorganisasi seperti organisasi file dalam windows explorer yang lebih dikenal dengan istilah pencabangan. Dalam satu directory dapat menghimpun lebih dari satu juta situs dan diorganisasi berdasarkan berbagai klasifikasi seperti arts and humanities, Busines and economi, computer and internet, education, entertaiment, government, health, news and media, recreation and sport dan lain sebagainya.
Keuntungan yang didapatkan jika kita menggunakan situs directory adalah mencari informasi yang dibutuhkan dapat melalui hypertext klasifikasi dan informasi yang berada dalam klasifikasi mendekati informasi yang sesungguhnya diperlukan meskipun jumlah informasi akan sangat terbatas.
Pencarian melalui directory apabila pengguna
a. Ingin memperluas wawasan pengetahuan
b. Menginginkan hasil pencarian terorganisasi dengan baik
c. Menginginkan hasil yang lebih pasti mendekati kata kunci

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar