Jumat, 30 Januari 2009

Mencari Informasi Sejarah Melalui Directory


Dasar dari pembelajaran elektronik learning terhadap siswa ialah suatu proses mendekatkan siswa dengan sumber-sumber informasi melalui kegiatan akses internet guna memperluas ilmu pengetahuan. Sehingga prosedur yang harus dilakukan oleh siswa ialah kegiatan pencarian yang kita kenal dengan istilah searching, browsing, atau surfing. Istilah searching mengacu pada kegiatan pencarian, istilah browsing dikenal karena pengguna memakai program piranti lunak browser, sedangkan istilah surfing digunakan karena dalam proses pencarian pengguna mengarungi jaringan internet.
Persoalan yang biasanya dihadapi oleh para penjelajah pemula ialah informasi apa yang akan mereka cari. Hal ini menjadi penting karena erat kaitannya dengan teknik pencarian yang akan digunakan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ialah jika informasi yang dibutuhkan bersumber dari pengguna guna memperluas wawasan tentang suatu kajian objek tertentu dari suatu bidang ilmu pengetahuan, maka akan lebih mudah bagi penjelajah dalam proses penjelajahan melalui situs directory. Kemudahan yang didapat jika menggunakan fasilitas ini ialah adanya klasifikasi yang berjenjang sehingga pengguna dituntun untuk menemukan situs-situs yang berisikan informasi yang diperlukan.
Cara pencarian melalui situs directory bersifat grounded artinya pengguna belum mengetahui secara pasti situs ahir yang diinginkan, tetapi secara umum telah menetapkan perkiraan hal-hal yang akan diinginkan. Dengan demikian pada perjalanan penjelajahan selajutnya pengguna mengelaborasi lebih lanjut aspek apa yang ingin diketahui lebih luas. Disinilah pengguna yang melakukan proses penjelajahan melakukan pencarian dalam rangka memperluas wawasan pengetahuan yang akan diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar