Kamis, 29 Januari 2009

Pendekatan Melalui e-Learning



a. MENCARI DEFINISI ATAU TERMINOLOGI KONSEP

Berhasil tidaknya proses pembelajaran Sejarah tidak dapat kita lepaskan dari adanya usaha memahami suatu konsep. Melalui e-lerning pemahaman akan suatu konsep akan berjalan lebih mudah di lakukan baik oleh guru maupun siswa. Guru maupun siswa dengan mudah menemukan dan memahami definisi konsep dari topik bahasan yang sedang dipelajari dari banyaknya bahan-bahan yang tersedia melalui e-learning. Melalui internet (salah satu media e-learning) guru ataupun siswa akan dengan mudah menemukan dan mengumpulkan bahan-bahan yang berisikan informasi yang diperlukan. Yang perlu dilakukan oleh guru maupun siswa ialah dengan mengunjungi satu atau beberapa situs atau portal yang berkaitan dengan materi yang sedang atau yang akan dipelajari. Sebagai contoh mengklik alamat situs www.belajarsejarahonline.com . Maka dengan sangat mudah kita mendapatkan informasi yang telah tersedia disana.

b. MEMPERTAJAM ANALISIS

Hasil-hasil analisis dari para ahli dapat dengan mudah kita temui dalam media pembelajaran e-learning. Tidak sedikit jurnal yang dapat diakses melalui internet, dengan analisis yang tajam dan dalam ruang lingkup kajian yang terbatas kita akan sangat mudah mengembangkan wacana kita. Dengan demikian akan sangat membantu dalam proses mempertajam analisis.

c. MENCARI INFORMASI UNTUK MENGEMBANGKAN ISU KONTROVERSIAL

Mencari informasi untuk mengembangkan isu kontroversial tidak lain merupakan usaha untuk mengembangkan kemampuan berfikir siswa dalam memberikan pertimbangan terhadap suatu peristiwa Sejarah. Siswa akan dapat memahami isu-isu yang sifatnya kontroversial yang muncul oleh adanya perbedaan dalam sudut pandang, sikap keberpihakan, ataupun cara penyampaian yang kurang sistematis.
Dengan mengakses situs-situs atau portal yang berisikan pandangan berbagai pihak, baik versi resmi maupun opini-opini yang berkembang, menjadikan pandangan siswa semakin beragam terhadap isu-isu yang sifatnya kontroversial.

d. MENCARI MASALAH SEBAGAI BAHAN DISKUSI

Model pembelajaran diskusi biasanya digunakan oleh guru untuk merangsang siswa lebih aktif dalam mengungkapkan pendapat dan mengumpulkan bahan belajar yang akan diskusikan dalam proses belajar. Siswa dituntut dapat menemukan masalah dalam sebuah peristiwa Sejarah. Dengan demikian suasana diskusi akan semakin hidup dan proses belajar mengajar akan semakin menarik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar