Jumat, 30 Januari 2009

Mengenal Search Engine


Search engine merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh situs penghimpun informasi (directory) berupa program piranti lunak yang mampu mencari dan menghimpun hasil pencarian. Perhatikanlah setiap kita mengakses satu situs di internet perhatikan kata kunci mengenai situs tersebut. Letak kata kunci tersebut biasanya ada dihalaman index di bawah kendali tag meta.
Program search engine akan yang disebut sebagai spinder atau crawler akan mencari tag meta yang isinya sesuai dengan permintaan untuk kemudian membuat daftar hasil pencarian. Sebagai contoh seseorang ingin mencari keterangan mengenai Candi Borobudur, maka ia menuliskan Candi Borobudur didalam kotak pencari. Setelah permintaan dieksekusi dengan menekan tombol ENTER atau GO pada papan ketik maka program spinder akan melakukan tugasnya yakni mencari kata-kata kunci, yang sesuai dengan permintaan dari sebanyak situs yang dapat dilalui oleh program tersebut. Setiap kata kunci yang sesuai dengan permintaan dibawa kembali kekomputer server untuk kemudian dibuat daftar hasil pencarian dan ditayangkan ke layar monitor peminta kata yang dicari tersebut. Maka pada ahirnya dalam layar monitor peminta akan disajikan sejumlah daftar situs yang didalamnya terdapat kata Candi Borobudur tersebut.
Bebera kriteria penentuan search engine didasarkan pada:
a. Freshness
Yakni seberapa cepat situs search engine memperbaharui himpunan situsnya yang dapat diakses dengan situs-situs baru. hal ini akan berdampak pada hasil pencarian yang diperoleh yakni informasi yang diperoleh merupakan informasi mutahir.
b. Size
Yakni seberapa besar kemampuan situs search engine menghimpun situs yang dapat dijelajah oleh program spinder atau crawler, semakin besar kemampuan dalam menghimpun situs maka akan berdampak pada semakin luas pada hasil pencarian, sehingga fariasi pilihan terhadap situs yang akan dipakai semakin terbuka lebar.
c. Power
Yakni seberapa besar kekuatan program spinder atau crawel yang digunakan oleh situs search engine untuk menjelajah jaringan internet. Semakin kuat kemampuan program pencari akan mempengaruhi semakin cepatnya proses pencarian dan semakin luas wilayah pencariannya.
d. Ease of Use
yakni seberapa mudah penggunaan situs search engine. hal ini dimaksudkan karena kemampuan dan tingkat pemahaman dari penjelajah situs tiudaklah sama. Semakin mudah search engine yang ditawarkan maka akan semakin banyak peminatnya.

hal lain yang harus diperhatikan bagi penjelajah situs yang memanfaatkan fasilitas search engine ialah bahwa search engine ialah program yang sifatnya masinal, maka hasil pencarian seringkali tidak seperti yang diharapkan. Disinilah dibutuhkan kemampuan dari penjelajah untuk menyortir hasil pencarian yang diharapkan, juga kecepatan memperkirakan isi situs berdasarkan alamat URL dan kejelian dalam menangkap informasi.

Penggunan search engine apabila pengguna
a. Ingin mencari suatu kata atau frasa diantaranya dapat berupa konsep
b. Menginginkan hasil pencarian yang lebih banyak sehingga lebih berfariasi
c. Menginginkan hasil pencarian adalah hasill atau keluaran terbaru

1 komentar:

  1. Belajar menggunakan elektronik learning berarti belajar memahami perubahan masa depan yang lebih kompleks.

    BalasHapus