Jumat, 30 Januari 2009

E-Learning

E-learning ialah model belajar yang berbasisikan teknologi informasi internet. Model pembelajaran ini ialah pembelajaran yang memperkaya pengetahuan melalui berbagai situs yang terdapat dalam jaringan internet. Model belajar ini tidaklah dibatasi seperti dalam pembelajaran konvensional yang berpusat pada teacher centris. Model pembelajaran ini mengutamakan pemberdayaan siswa didik agar lebih aktif dalam berusaha mendapatkan berbagai macam informasi yang diperlukan dalam proses pembelajaran.
Sebagai salah satu model pembelajaran jarak jauh yang berbasiskan internet, e-learning lebih menekankan pada penggunaan internet didalam sistem penyampaiannya. Ada beberapa model pembelajaran yang menggunakan metode ini seperti audio/tele conference, e-training, dan web-based training. Bentuk pembelajaran yang dapat dilakukan ialah bentuk synchronus dan asyncronus, hal ini berdasarkan atas adanya fasilitas-fasilitas yang telah tersedia di internet seperti newsgroup, chating, atau netmeeting untuk bentuk pembelajaran syncronus dan fasilitas www. atau mailing list untuk model asyncronus.

Belajar dengan menggunakan bentuk syncronus melalui internet lebih menekankan pada pertemuan jarak jauh, sehingga aspek waktu menjadi salah satu unsur penting dimana peserta didik bertemu secara interaktif melalui internet dengan menggunakan fasilitas Net meeting, chatting, atau juga newsgroup. Secara sekilas model pembelajaran ini tak jauh beda seperti model pembelajaran konvensional, hanya saja yang membedakan ialah pertemuan tersebut terjadi secara maya (virtual) sedangkan secara riil perserta didik dipisahkan oleh jarak. Materi pembelajaran dapat bervariasi tergantung kepada kebutuhan penggunasehingga model ini banyak digunakan dalam pelatihan (training) guna meningkatkan keterampilan pengguna dalam bidang kerjanya.

Belajar dengan menggunakan bentuk asyncronus dapat berupa belajar melalui paket pelatihan maupun belajar dalam rangka memperluas wawasan dan memperbaharui pengetahuan. Model ini lebih menekankan pada pembelajar yang akan meningkatkan keterampilannya teruatama yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya. Bentuk poembelajaran ini tidak terikat oleh watu. Model ini memeberikan kesempatan kepada pembelajar untuk dapat mengakses data atau info yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja melalui komputer yang ada jaringan internetnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar