Sabtu, 31 Januari 2009

e-Learning Mendobrak Pendidikan Nasional


Model pembelajaran berbasis elektrinik-learning (e-learning) dalam perkembangannya sangat dibutuhkan di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mempunyai penduduk yang besar dan dengan luas wilayah yang terhampar dari sabang sampai Merauke. Dengan perkembangan teknologi informasi (internet) yang hampior merata di seluruh penjuru nusantara ditunjang dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin kompleks akan semakin terbuka lebar peluang dalam penerapan metode pembelajaran yang berbasiskan internet.
Arus globalisasi dengan beragam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat kita harus peka dan responsif terhadap setiap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyertainya. Kita tidak dapat mempungkiri bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi sangat lekat dengan denyut kehidupan kita dewasa ini. Tidak terkecuali dalam dunia pendidikan nasional Indonesia, kebutuhan akan beragam data dan informasi yang luas dengan ketepatan, ragam dan kemudahan dalam mengaksesnya semakin dirasakan perlu dalam menunjang kemajuan pendidikan nasional bangsa kita.
Internet yang menjadi tulang punggung utama dalam penyedia beragam data dalam pembelajaran e-learning dapat kita akses dengan menggunakan perangkat lunak (software) seperti search engine, maupun directory. Fungsi dari search engine dan directory ialah sebagai mesin pencari informasi memudahkan kita dalam melakukan proses searching, browsing maupun surfing. Dengan akses data yang bersifat real time dan tidak tergantung tempat dan waktu menjadikan model pembelajaran e-learning sangat sangat cocok sebagai media alternatif yang m,endukung perkembangan pendidikan nasional bangsa Indonesia. Dengan demikian tujuan untuk mengembangkan pendidikan yang berkwalitas akan semakin mudah.
Model pembelajaran ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu syncronis (bentuk komunikasi dua arah antara siswa dengan guru yang berlangsung dalam waktu yang bersamaan) maupun asyncronis (bentuk komunikasi dua arah antara siswa dengan guru yang tidak berlangsung dalam waktu yang bersamaan). Model pembelajaran ini sangat tepat untuk menyiasati aspek waktu, dan juga tempat yang disadari atau tidak terkadang menjadi kendala dalam penyebaran informasi yang merata.
Tunggu apalagi mari kita bersama-sama mengembangkan model pembelajaran yang berbasiskan elektronik-learning. Mari kita bersama-sama mewujudkan pendidikan indonesia yang lebih maju dan lebih berdaya saing dengan tuntutan perkembangan dunia global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar