Minggu, 19 Juli 2009

ANTARA SEJARAH DAN MASA LAMPAU

ANTARA SEJARAH DAN MASA LAMPAU

Sejarah dan masa lampau adalam dua hal (dwitunggal) yang tidak dapat kita lepaskan dan tidak dapat kita pahami satu persatu secara terpisah. Sejarah adalah bagian dari masalampau begitu juga masalampau adalah unsure penting dari sejarah. Hal ini pelu saya kemukakan karena dalam pemahaman sejarah kita sebagai seorang awam terkadang memukul rata (gebyahuyah) terhadap pemahaman sejarah. Tidak sedikit orang menganggap bahwa sejarah adalah masa lampau begitu juga setiap peristiwa masa lampau kita sebut dengan sejarah. Dalam persoalan ini ada hal mendasar yang perlu saya kemukakan agar pemahaman kita terhadap sejarah sesuai dan benar tidak salah kaprah, diantaranya ialah pemahaman sejarah sebagai peristiwa dan sejarah sebagai kisah. Dalam buku Pemahaman Sejarah Indonesia Sebelum dan Sesudah Revolusi terbitan LP3ES dijabarkan dengan lugas hal apa saja yang membatasi diantara pemahaman keduanya. Berbeda dengan disiplin ilmu yang lain sejarah memang sangat unik sesuai dengan sifatnya-sifnya enmaling dan hanya sekali terjadi dengan demikian tidak mungkin terluang kembali dalam waktu yang sama dan peristiwa yang sama. Sesuai dengan sifat dari sejarah itu sendiri maka kita harus hati-hati mengkatagorikan mana sejarah yang termasuk kedalam sebuah kisah dan sebuah peristiwa. Hal ini sangat penting guna mempertanggungjawabkan setiap tindakan dan pendapat kita yang keluar.
Sejarah sebagai sebuah peristiwa ialah semua hal yang terjadi hanya satu kali dan tidak mungkin terjadi lagi baik sama persis waktu, peristiwa, motif, dan kejadian yang melatar belakangi. Peristiwa yang demikian bisa kita sebut sebagai peristiwa sejarah dengan asumsi peristiwa tesebut tidak dapat kita ulangi lagi. Sedangkan sejarah sebagai sebuah kisah ialah sejarah yang telah melalui tahap penulisan oleh seorang sejarawan. Sejarah tiadalain ialah hasil karya dari seorang sejarawan yang telah melakukan interprestasi terhadap suatu data-data baik data primer maupun sekunder .dengan menggunakan metode ilmiah khusus yang menghasilkan tulisan sejarah yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara ilmiah.
Dengan demikian seharusnya kita memposisikan sejarah sebagai salah satu usaha kita untuk memahami masa lapau untuk kita gunakan di masa sekarang dan untuk menyusun masa depan yang lebih baik. Karena dengan memahami sejarah secara tepat maka kita dapat memberikan yang terbaik untuk hidup kita baik dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sejarah dan masa lampau adalah satu kesatuan sejarah tidak mungkin ada tanpa masa lampau begitupun tanpa ada sejarah kita tidak dapat memahami masa lampau. Sejarah sebagai kisah dan peristiwa sudah jelas perbedaannya, dimana sejarah yang kita pelajari di linggkungan akademis baik sekolah dasar samapai perguruan tinggi ialah sejarah sebagai sebuah kisah yang dapat kita pertanggungjawabkan.
Dengan demikian tidak ada alasan untuk menganggap sejarah sebagai disiplin ilmu yang menjenuhkan dan tidak penting. Sejarah akan selalu dibutuhkan oleh generasi mana saja, kapan saja, dan dimana saja untuk membantu mengerti jati diri yang sebenarnya dan untuk menuntun langkah yang tepat untuk menentukan masa depan yang lebih baik.


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar