Kamis, 01 Juli 2010

peninggalan sejarah


Mengapa banyak peninggalan sejarah baik pra dan masa hindu Buddha di Indonesia benayak ditemukan tidak utuh...?
Topografi wilayah Indonesia mulai dari letak astronomisnya antara 6 derajat 08' LU- 11derajat 15 'LS dan antara 94 derajat 45 ' BT-141derajat 05'BT. Maka kondisi geografis Indonesia antara beriklim tropis dengan ciri-ciri curah hujan tinggi rata-rata kurang lebih 2000mm/tahun, temperatur udara rata-rata sepanjang tahun rata-rata 26 derajat. Batuan-batuan akan cepat mengalami pelapukan, tumbuh suburnya berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Indonesia memiliki kebudayaan yang bersifat tropis karena memang indonesia beriklim tropis :), bentuk kebudayaan ini bisa kita lihat dari bentuk rumah, cara berpakaian, matapencaharian dan juga cara pandang.
Selain faktor kondisi geografis faktor manusia ternyata sangat besar pengaruhnya. LIhat dan perhatikan secara seksama UUCB tahun 1992 di adakan tidaklain untuk melindungi BCB yang ada di Indonesia dari pengaruh negatif Manusia :). Selain itu juga terdapat tata cara pelestarian BCB disana.
Bagaimana sikap kita setelah tahu ini semua? apakah kita mau untuk selalu mengingat? Ya mengingat masalalu? untuk kita pelajari, kita gunakan untuk kesejah teraaan kehidupan kita sekarang? dan juga untuk kita proyeksikan kedepan menghadapi kejamnya globalisasi terhadap kebudayaan Indonesia?? semuanya berpulang pada kita semua sebagai generasi penerus bangsa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar